Selasa, 01 Juni 2010

manfaat-mengunyah-makanan-lebih-lama

Jakarta - Mungkin Anda tidak terlalu perduli, seberapa cepat Anda mengunyah makanan. Ternyata mengunyah makanan lebih lama mempunyai banyak manfaat untuk tubuh.

Saat makan, luangkan waktu untuk menguyah makanan lebih lama. Hal ini penting untuk proses pencernaan dan penyerapan gizi yang lebih baik. Mengunyah makanan terlalu terburu-buru biasanya akan mengalami ganguan pencernaan seperti sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Bila Anda mengunyah makanan dengan benar, tubuh akan melepaskan enzim sehingga dapat dikonversi menjadi energi. Ketika makanan tidak tidak dicerna dengan baik, energi yang didapat menjadi kurang dan bahkan bisa mengalami kekurangan gizi.

Mengunyah dengan benar membuat risiko terserang penyakit gigi relatif lebih kecil. Ditambah pula jika mengunyah makanan nabati, khususnya buah-buahan akan menunjang kesehatan gigi.

Menurut sumber dari Netwellnes, jumlah kunyahan makanan pada setiap suapan tergantung dari jenis makanan. Makanan yang lembut seperti buah dan sayur, akan lebih mudah dikunyah dibanding ayam atau daging. Pastikan Anda mengunyah makanan secara menyeluruh sampai bagian terkecil. Menurut para ahli di Ohio State University, Anda perlu mengunyah makanan yang lembut sebanyak 5-10 kali dan makanan yang keras dikunyah sebanyak 30 kali.



http://www.wolipop.com/read/2010/06/02/093035/1368020/234/manfaat-mengunyah-makanan-lebih-lama?w992201835

Tidak ada komentar:

Posting Komentar